Background

Fungsi Agama dalam Masyarakat


Definisi agama, agama adalah sistem yang mengatur tata kepercayaan (keyakinan) kepada Tuhan Yang Maha Esa. Namun, sosiologi tak pernah memberikan definisi yang evaluative, menurut sosiologi, agama adalah definisi yang empiris. Kepercayaan kepada Tuhan yang dimiliki masyarakat tentu berbeda-beda. Maka dari itu sering terjadi perbedaan pola pikir antar individu sebagai pemeluk agama tertentu.
Di bawah ini ada beberapa fungsi agama yang perlu kita ketahui.
      1.     Fungsi Edukatif : Pada dasarnya kita tetap harus belajar mengenai agama melalui pendidikan yang berfungsi untuk mengajak dan melarang yang harus dipatuhi menjadi baik dan benar menurut agamanya masing-masing.
      2.     Fungsi Penyelamat : Kapanpun dan dimanapun kita berada, pasti selalu ingin di lindungi dan diberi keselamatan oleh Tuhan YME. Setiap orang pasti mempunyai doa atau ritual agar diberi keselamatan.
      3.     Fungsi Perdamaian : Dengan adanya ajaran/tuntunan dari agama, seseorang atau sekolompok orang yang berasalah atau berdosa pasti akan merenungkan kerasabersalahannya dan bertaubat serta mengubah cara hidupnya.
      4.     Fungsi Kontrol Sosial : Melalui ajaran agama juga akan membentuk penganutnya semakin peka terhadap masalah sosial seperti kemaksiatan dan kejahatan agar tidak melakukan hal-hal buruk
      5.     Fungsi Penumbuh Rasa Solidaritas : Jika fungsi ini ditumbuhkan dengan serius, maka rasa persaudaraan yang kokoh akan hadir dan tidak mudah digoyahkan.
Dari tinjauan diatas bersifat fungsional, sedangkan dibalik itu masih ada motif lain yang lebih dalam yang tidak lepas dari sifat dan odrat manusia itu sendiri.
Cukup sekian bahasan kita kali ini. Terimakasih.

Categories: Share

Leave a Reply