Background

Ciri Ciri & Unsur Unsur Organisasi

Sumber  : http://nugroho01pssiunej.student.unej.ac.id/?p=107

Ada banyak orang yang mendeskripsikan ciri ciri organisasi , tetapi disini saya hanya akan menjelaskan beberapa ciriciri organisasi , organisasi itu sendiri menurut saya adalah wadah untuk melakukan kegiatan bersama untuk kepentingan bersama orang-orang didalamnya

Adapun ciri-ciri organisasi menurut umum :

  • ·       Terdapat komponen (yang dimaksut terdapat komponen adalah adanya susunan organisasi porsi kerja dari yang paling atas sampai yang paling rendah , tergantung tugas masingmasing)
  • ·       Terdapat Kerjasama (Kerja sama dalam berorganisasi sangat dibutuhkan karena dapat menyelesaikan pekerjaan atau tujuan dari organisasi tersebut menjadi lebih mudah dan lebih ringan sehingga cepat untuk diselesaikan)
  • ·    Terdapat Tujuan (Tujuan adalah hal terpenting dalam membentuk sebuah organisasi karena tujuan adalah titik puncak pencapaian sebuah organisasi dan merupakan dasar didirikannya organisasi tersebut jikalau tidak ada tujuan maka tidak jelas kemana organisasi tersebut akan mengarah)
  • ·    Terdapat Sasaran (Sasaran dalam berorganisasi adalah acuan semua komponen untuk melakukan kegiatan agar mencapai tujuan yang telah disepakati bersama)
  • ·    Terdapat Tata tertib (Dalam berorganisasi kita mempunyai batasan hal yang bisa dilakukan atau yang melanggar untuk dilakukan , dengan adanya tata tertib , maka semua komponen dalam organisasi tersebut dalam berjalan sesuai dengan jalur , tidak melenceng)
  • ·    Terdapat Koordinasi Tugas (Semua Komponen sudah ditetapkan mempunyai tugas masing-masing dalam bidangnya untuk mengerjalan tugas yang sudah dibagi , sehingga setiap komponen mempunyai tanggung jawab akan yang dikerjakan olehnya)




Berikut ini adalah Unsur Unsur Organisasi :

  •      Organisasi sebagai Tempat Bekerja sama (Sejumlah orang berorganisasi untuk mencapai tujuan yang sama dan jalan yang ditempuh adalah dengan cara bekerja sama dengan sesama anggota organisasi , sehingga dalam pencapaian tujuan tersebut mudah untuk meraihnya dan menguntungkan semua pihak yang terlibat didalam organisasi tersebut)
  •      Proses kerja sama sedikitnya 2 orang (Kerja sama dalam berorganisasi semakin banyak semakin bagus , maka semakin tinggi juga kemungkinan pencapaian target yang telah dituju oleh organisasi tersebut tetapi dalam pengurusan anggota juga harus terorganisir dengan baik , sehingga terdapat pembagian tugas yang adil)
  •    Tugas yang dijalankan Sesuai dengan Tingginya jabatan (semakin tinggi jabatan yang diperoleh maka semakin tinggi juga tanggung jawab akan tugas yang dikerjakan , tetapi semakin rendah pekerjaan juga bukan berarti tanggung jawab dalam pekerjaannya rendah , besar kecilnya tugas bagaimana kita menanggapinya)
  •     Ada Tujuan Tertentu (Setelah penjelasan tentang Tempat bekerja sama dan pembagian tugas tergantung jabatan serta pengorganisiran tugas yang disesuaikan , maka berjalanlah tujuan yang harus dicapai agar sesuai dengan target organisasi tersebut)



Categories: Share

Leave a Reply